DULUAN APA NERACA or LABA RUGI??

Baru saja kudengar sebuah diskusi mengenai hal itu ketika secara gak sengaja menjemur cucian di sekitar rumah. Padahal kupikir mereka sudah lulus S1 akuntansi. Mengapa masih bingung.?



DEFINISI NERACA menurut Wikipedia

Di dalam akuntansi keuangan, Neraca atau laporan posisi keuangan (bahasa Inggris: balance sheet atau statement of financial position) adalah bagian dari laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan entitas tersebut pada akhir periode tersebut. Neraca terdiri dari tiga unsur, yaitu aset, liabilitas, dan ekuitas yang dihubungkan dengan persamaan akuntansi berikut:
aset = liabilitas + ekuitas
Informasi yang dapat disajikan di neraca antara lain posisi sumber kekayaan entitas dan sumber pembiayaan untuk memperoleh kekayaan entitas tersebut dalam suatu periode akuntansi (triwulanan, caturwulanan, atau tahunan).

Pernyataan Standar akuntansi
Sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 1 yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia disebutkan di dalam neraca:
  • Perusahaan menyajikan aset lancar terpisah dari aset tidak lancar dan kewajiban jangka pendek terpisah dari kewajiban jangka panjang kecuali untuk industri tertentu diatur dalam PSAK khusus. Aset lancar disajikan menurut urutan likuiditas sedangkan kewajiban disajikan menurut urutan jatuh tempo.
  • Perusahaan harus mengungkapkan informasi jumlah setiap aset yang akan diterima dan kewajiban yang dibayarkan sebelum dan sesudah dua belas bulan dari tanggal neraca.
  • Apabila perusahaan menyediakan barang atau jasa dalam siklus operasi perusahaan yang dapat diidentifikasi dengan jelas, maka klasifikasi aset lancar dan tidak lancar serta kewajiban jangka pendek dan jangka panjang dalam neraca memberikan informasi yang bermanfaat dengan membedakan aset bersih sebagai modal kerja dengan aset yang digunakan untuk operasi jangka panjang.


DEFINISI LAPORAN RUGI LABA  menurut Wikipedia

Laporan laba rugi (Inggris:Income Statement atau Profit and Loss Statement) adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba (atau rugi) bersih.
Unsur-unsur laporan laporan laba rugi biasanya terdiri dari:
  1. Pendapatan dari penjualan
  2. Dikurangi Beban pokok penjualan
  3. Laba/rugi kotor
  4. Dikurangi Beban usaha
  5. Laba/rugi usaha
  6. Ditambah atau dikurangi Penghaslan/beban lain
  7. Laba/rugi sebelum pajak
  8. Dikurangi Beban pajak
  9. Laba/rugi bersih

Sebenarnya penjelasan di atas tidak cukup jelas bagi yang pengen tahu lebih jauh. Tapi cukuplah. Thats my note :

Pada Neraca :

  1. Mempunyai 2 (dua ) sisi pasiva dan aktiva. Sisi aktiva menggambarkan aktivitas operasional perusahaan. Mulai dari beraktivitas yang paling lancar berupa kas, sampai aktivitas yang paling tidak bisa lancar. Sisi pasiva menggambarkan sumber dana yang dipunyai perusahaan dalam usaha itu. Mulai dari dana yang di pinjami pihak lain dalam bentuk bahan mentah, yaitu hutang usaha yg bersifat lancar. Dana yg dipinjami pihak lain untuk kucuran kas sebagai pinjaman lancar (kredit modal kerja) maupun pinjaman jangka panjanguntuk berinvestasi (kredit investasi). Terakhir adalah modal yang dimiliki pemilik dalam usaha tersebut.
  2. Periode pada neraca tidak menghapus saldo sebelumnya, hanya menggambarkan perubahannya. Artinya terus menerus going concern. Perubahan neraca pada akhir periode secara bulanan ; caturwulan ; tahunan. Sesuai kepentingan. Dilakukan pada saat posting jurnal ke neraca (step pada siklus akuntansi)
  3. Merekam seluruh transaksi akuntansi

Pada Rugi Laba :
  1. Seperti di atas terlihat yang mengumpulkan penjualan dalam periode di maksud; yang mengumpulkan cost dan expense pada periode di maksud. Adalah rekening - rekening dalam rugi laba
  2. Periode pada rugi laba hanya menyajikan jumlah saldo periode yang di maksud saja. Artinya jika periode tahunan, maka Laba rugi hanya pada periode yang di sebut yang di tampilkan.
  3. Rekening - rekening pada laba rugi merekam semua catatan  transaksi keuangan

Masih ingatkan beda transaksi keuangan dan transaksi akuntansi? 
masih ingatkan bagaimana siklus akuntansi?

Dari penjelasan di atas, untuk pertanyaan, 'duluan mana neraca dan  rugi laba' , apakah sudah mampu menjawab.


1 komentar:

tulisanpunberceritaaa** mengatakan...

kita juga punya nih jurnal mengenai laba dan rugi perusahaan, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3468/1/JURNAL%20_21205189__2.pdf
semoga bermanfaat yaa :)

Posting Komentar