DEFINISI KREDIT INVESTASI & KREDIT MODAL KERJA




KREDIT INVESTASI


Menurut Web Site BCA

Kredit Angsuran
Pinjaman untuk membiayai pembelian barang-barang modal dan / atau tambahan modal kerja dalam rangka peremajaan, perluasan, peningkatan kapasitas usaha anda, atau pendirian unit usaha baru. Anda dapat mengangsur pengembalian pinjaman ini dalam jangka waktu pendek maupun menengah.

Kredit Investasi - Two Steps Loan from Bank Indonesia
Pinjaman khusus untuk pembelian barang-barang modal dengan dana Two Step Loan dari Bank Indonesia. Pengembalian pinjaman ini dapat anda angsur dalam jangka waktu menengah atau panjang.


Menurut Web Site Bank Mandiri

Kredit investasi adalah kredit jangka menengah/panjang yang diberikan kepada (calon) debitur untuk membiayai barang-barang modal dalam rangka rehabilitasi,modernisasi, perluasan ataupun pendirian proyek baru, misalnya untuk pembelian mesin-mesin, bangunan dan tanah untuk pabrik, yang pelunasannya dari hasil usaha dengan barang-barang modal yang dibiayai.

Ketentuan :
1) Mempunyai Feasibility Study.
2) Mempunyai izin-izin usaha, misalnya SIUP, TDP, dll.
3) Maksimum jangka waktu kredit 15 tahun dan masa tenggang waktu (Grace Period) maksimum 4 tahun.
4) Agunan utama adalah usaha yang dibiayai. Debitur menyerahkan agunan tambahan jika menurut penilaian Bank diperlukan.
5) Maksimum pembiayaan bank 65% dan Self Financing (SF) 35%.
Manfaat :
1)Pencairan langsung dipindahbukukan ke rekening giro.
2) Rencana angsuran telah ditetapkan atas dasar cash flow yang disusun.
3) Pelunasan sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan/jatuh tempo.
4) Penarikan atas dasar prestasi proyek.


Jadi Kredit Investasi adalah merupakan kredit Bank jangka panjang (artinya : lebihdari satu tahun saat jatuh tempo). Dipergunakan untuk membiayai pengadaan fix asset (pendukung operasional usaha); proyek; trial RND yang pembebanannya di accrued (di distribusikan) dalam lebih dari satu tahun. Pencairan sekaligus dalam jumlah yang di minta, dan pelunasan bertahap periodik (umumnya bulanan), dasar pembebanan bunga per periodik angsuran serara flat atau menurun tergantung perjanjian.




KREDIT MODAL KERJA


Menurut Web Site BCA

Kredit Modal Kerja :

Kredit Lokal (Pinjaman Rekening Koran)
Pinjaman jangka pendek dengan batasan pinjaman ditempatkan pada rekening koran sehingga memberikan kemudahan dan keleluasaan mengambil dan membayarnya.

Kredit Berjangka (Revolving)
Pinjaman jangka pendek yang memberikan keleluasaan dalam penarikan dan pelunasannya karena dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan anda.

Kredit Berjangka (Insidentil)
Pinjaman khusus jangka pendek untuk memenuhi kebutuhan sumber dana mendesak. Penarikan dan pelunasan dana dilakukan sekaligus.

Kredit Ekspor
Pinjaman khusus jangka pendek bagi eksportir atau pemasok untuk membiayai kegiatan pra-ekspor.

Trust Receipt
Pinjaman jangka pendek untuk penebusan dokumen-dokumen impor setelah semua kewajiban-kewajiban pembayaran Bea Masuk terhadap Pabean dipenuhi.



Menurut Web Site Bank Mandiri

Kredit Modal Kerja (KMK) adalah fasilitas kredit modal kerja yang diberikan baik dalam rupiah maupun valuta asing untuk memenuhi modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dengan jangka waktu maksimal 1 tahun.

KMK - Revolving
Kredit Modal Kerja (KMK) adalah fasilitas kredit modal kerja yang diberikan baik dalam rupiah maupun valuta asing untuk memenuhi modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dengan jangka waktu maksimal 1 tahun namun dapat diperpanjang.

KMK Aflopend
Adalah kredit yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha.

KMK Kontraktor
Adalah kredit yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja khusus bagi usaha jasa kontraktor yang habis dalam satu siklus usaha.

Ketentuan :
1)Mempunyai usaha yang layak dibiayai. .
2)Mempunyai izin-izin usaha, misalnya SIUP, TDP, dll
3)Maksimum jangka waktu kredit 1 tahun.
4)Agunan utama adalah usaha yang dibiayai. Debitur menyerahkan agunan tambahan jika menurut penilaian Bank diperlukan.
Manfaat :
1)Penarikan dilakukan setiap saat.
2)Bagian yg belum ditarik tidak dikenakan bunga.
3)Pelunasan pada saat jatuh tempo kredit.
4)Aktivitas keuangan disalurkan melalui rekening pinjaman.
5)Tujuan pembiayaan untuk modal kerja yang mempunyai pola fluktuasi/turnover tinggi.


Jadi KMK (Kredit Modal Kerja) adalah kredit jangka pendek, yaitu kurang atau samadengan satu tahun jatuh temponya. Digunakan dalam rekening koran (biasa disebut kredit dalam rekening koran)untuk tujuan membiayai operasional usaha yaitu pengadaan- pembelian bahan baku dan pendukungnya sertabiaya operasional lainnya ; dalam bentuk SALDO MINUS atau Over Draft yang diijinkan. Pencairan pada saat pengeluaran melebihi dana yg tersimpan di rekening koran; pelunasan apabila ada penerimaan yang meyebabkan saldo nol atau positif pada rekening koran. Perhitungan bunga secara harian. Biasanya suku bunga lebih kecil dari kredit investasi.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mantap gan
ijin copas y buat tugas

Posting Komentar